•Elit•
•Elit•
Ekonomi Sulit...
Dompet boleh Cekak...
Tapi selalu ngakak...



 
IndeksEkonomi SulitAll ForumCalendarGalleryFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLoginRadio Elit

Share | 
 

 Si Batak Yang Bersinar Di Eropa

Go down 
PengirimMessage
JuraganCendol
Donatur Elit
avatar

Jumlah posting : 33
Join date : 05.04.11

PostSubyek: Si Batak Yang Bersinar Di Eropa   Sun 10 Apr 2011, 15:09


Akhirnya mimpi Radja Nainggolan merumput di Seri A Liga Italia terwujud sudah. Cagliari resmi merekrutnya dari Piacenza sebagai pemain pinjaman sampai akhir musim ini. Sebelumnya saya telah pernah posting bahwa AS Roma berminat mendatangkan pemain gelandang kelahiran Antwerpen, Belgia, 4 Mei 1988 ini. Namun, kini Cagliarilah yang memboyongnya menggantikan posisi Mikhail Sivakov.


Mungkin untuk orang Italia Radja Nainggolan bukanlah siapa-siapa. Tapi lain di Indonesia. Radja yang berdarah Batak-Belgia, setidaknya ada kebanggaan pemain berdarah Indonesia merumput di salah satu liga tersohor di dunia. Pernah ada issu, penggemar sepak bola tanah air meminta PSSI supaya memanggil Radja membela timnas. Tapi sepertinya hanya wacana.

Di Cagliari Radja bermain sebagai gelandang dengan nomor punggung 28. Posisi yang sama dia perankan, ketika memperkuat Piacenza dan timnas senior Belgia.

Siapa sebenarnya Radja Nainggolan?
Radja adalah putra Marianus Nainggolan seorang pengusaha di Pulau Dewata Bali. Marianus menikah dengan Lizi Bogaerd seorang wanita asal Belgia. Setelah menikah Marianus sempat tinggal di Belgia, hingga Radja dan saudari kembarnya Riana Nainggolan lahir.

Entah karena alasan apa Marianus kembali ke Indonesia meninggalkan anak kembarnya. Baru kemudian tahun 2007 Marianus berangkat lagi menemui Radja dan Riana setelah 13 tahun tidak bersua.

Saat itu Radja sudah memperkuat Piacenza. Uniknya Saudari kembarnya Riani juga pesepak bola profesional. Saat ini masih aktif di klub sepakbola wanita Belgia, Kontich.

Lantas bagaimana tanggapan Radja soal timnas negri leluhurnya Indonesia? Berikut adalah hasil wawancara goal.com dengan Radja Nainggolan

GOAL.com: Bagaimana pengalaman Anda bermain untuk Piacenza?

RADJA NAINGGOLAN: Menarik sekali bermain di sini. Ini musim yang keempat buat saya, dan ketiga di skuad utama. Saya sangat senang dan saya yakin saya bisa bermain lebih baik di masa mendatang.

Bagaimana Anda bisa menembus skuad Piacenza? Coba ceritakan sedikit perjalanan Anda ke liga Italia.

Agen saya asal Swiss, Alessandro Beltrami – agen yang berperan mendatangkan Valon Behrami ke Lazio dan kemudian West Ham United – suatu hari datang ke Belgia untuk mencari pemain-pemain berbakat. Awalnya, saya tidak tahu siapa dia, tapi saat itu saya bermain untuk GBA (singkatan dari KFC Germinal Beerschot Antwerpen, klub Liga Juplier Belgia). Dia sangat terkesan dengan penampilan saya dan bertanya apakah dia bisa diresmikan sebagai agen saya. Kemudian, saya tiba di Italia tapi semuanya jadi sulit. Sepakbola Italia jauh lebih tangguh dibanding sepakbola Belgia. Jadi saya harus bekerja lebih keras ketika latihan, dan memaksa diri beradaptasi dalam dunia baru ini.

Siapa tim atau pemain lawan paling tangguh yang pernah dihadapi Anda?

Tidak hanya satu. Banyak sekali lawan yang kuat di Italia. Sulit bagi saya untuk menyebut nama-namanya.

Anda campuran Indonesia-Belgia. Tim nasional mana pilihan Anda?

Belgia. Saya belum pernah ke Indonesia. Ayah saya orang Indonesia dan dalam waktu dekat ini saya akan ke sana untuk bertemu dengan ayah – untuk pertama kalinya di negerinya sendiri. Ia lebih sering ke sini dan ke lapangan langsung untuk melihat saya bertanding, tapi saya sendiri belum pernah ke Indonesia bersama ayah.

Jika Anda gagal menembus skuad Belgia, apakah Anda bersedia membela tim nasional Indonesia, jika tawaran itu diajukan oleh PSSI?

Saya tidak tahu. Hal ini sangat sulit karena saya masih muda dan sudah mengenakan kostum tim U-21 Belgia. Saya masih bisa memilih hingga tim senior memanggil. Saya pikir Indonesia berpeluang membangun tim yang lebih solid jika memanggil pemain-pemain Eredivisie yang tidak memperkuat timnas Belanda (seperti Irfan Bachdim). Saya pernah ditanya sekali, dalam sebuah wawancara, apakah berminat membela timnas Indonesia. Itu saja.

Apa yang Anda ketahui tentang Indonesia, sebagai negara maupun sepakbolanya?

Pengetahuan saya terhadap Indonesia sangat sedikit, karena saya belum pernah ke sana, dan saya hanya tahu sedikit mengenai makanan Indonesia.

Apakah Anda pernah berbicara dalam bahasa Indonesia?

Tentunya tidak!

Bagaimana gaya permainan Anda?

Konsentrasi penuh dengan menikmati gaya permainan yang saya terapkan. Di Belgia, saya merasa senang bersama rekan-rekan di GBA karena kami teman-teman baik. Di Italia, tekanan lebih tinggi dan lingkungannya beda, sehingga gaya permainan juga berbeda. Saya tipe orang yang ingin bercanda dan merasa senang sebelum kick-off. Dengan kondisi seperti itu, saya akan fokus untuk meraih kemenangan dan mengambil keputusan yang tepat di lapangan.

Siapa saja pemain favorit Anda?

Ronaldinho. Ia pemain yang kuat dan murah senyum. Ia selalu dalam keadaan senang, dan bagi saya itulah cara terbaik untuk menghadapi permainan hebat seperti sepakbola. Impian saya? Saya ingin bermain di Serie A (Dan impian ini sudah tercapai)


Nomor Punggung: 4
Posisi : Centrocampista (Pemain Tengah)
Tanggal Lahir: 04 Mei 1988
Tempat Lahir: Antwerpe, Belgia
Tinggi: 175 cm
Berat badan yang sehat: 65 Kg
Kebangsaan: Belgia
Club Sekarang : Cagliari (Serie A)

Sumber
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Si Batak Yang Bersinar Di Eropa
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
•Elit• :: Court :: SepakBola-
Navigasi:  
ChatBox
Free forum | © phpBB | Free forum support | Kontak | Report an abuse | Sosblog
Blog Kempel